Erasmus Mundus 2012 is Open

Starting Line by Jon Marshall

Erasmus Mundus 2012 is now open!

Beberapa program Erasmus Mundus (baru dan lama) sudah membuka periode pendaftarannya untuk tahun ajaran 2012. Silakan cek ke daftar Erasmus Mundus Master Course dan Erasmus Mundus Joint Doctorate untuk memeriksa apakah program pilihanmu sudah dibuka atau belum.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk sukses berburu beasiswa Erasmus Mundus:

  • Baca FAQ untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang Erasmus Mundus.
  • Kunjungi website program-program Erasmus Mundus pilihan kamu secara reguler (misal setiap minggu) sampai muncul pengumuman pembukaan pendaftaran. Bila sudah ada, catat, tulis besar-besar dan pajang deadline-nya di tempat yang mudah terlihat.
  • Jika belum punya hasil English Test bertanggal dua tahun terakhir, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris sekarang juga. Catat tanggal pelaksanaan tes sebagai deadline. Mulai menabung untuk mengikuti tes internasional karena biayanya memang tidak murah.
  • Mulailah merancang CV yang up to date dan “menjual” yang bisa meningkatkan peluang kamu diterima.
  • Buat daftar orang-orang yang bisa dimintai surat rekomendasi (recommendation letter). Rekomendasi staf akademis hampir pasti diminta, sehingga bila kamu sudah lama lulus, mulailah mencari kembali kontak dosen, pembimbing skripsi, atau kepala jurusan/dekan/rektor.
  • Motivation letter yang kuat menjadi aspek penting dalam pendaftaran beasiswa. Mulailah merancang motivation letter (atau disebut juga statement of purpose) yang singkat, padat dan sesuai dengan tujuan program yang kamu pilih.
  • Sadari bahwa berburu beasiswa bakal membutuhkan biaya (English test, pengiriman dokumen, biaya akses Internet, transportasi, legalisasi dll). Sisihkan sebagian uang untuk keperluan beasiswa.
  • Sudah mencoba mendaftar tahun lalu tetapi belum berhasil? Evaluasi pendaftaranmu dan perbaiki untuk periode tahun ini.
  • Terakhir, nikmati permulaan “perjuangan” ini. Hadiah besar menanti di garis finish.

Konten halaman ini akan terus diupdate dengan berbagai tips berburu beasiswa Erasmus Mundus. Situs ini juga akan menerbitkan cerita sukses/profil awardee/alumni Erasmus Mundus dari Indonesia. Silakan share/bookmark halaman ini dengan klik share di bawah, atau subscribe via email agar tidak ada artikel atau berita yang kamu lewatkan.

Photo credit: [1]

Comments

  1. zakka86 says:

    Nambahin dikit…

    Ada tambahan beberapa program baru (dan yang masa 5 tahunnya sudah terlewati) yang masuk EMMC dan EMJD… http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/funding/2010/selection/selection_call_29_09_en.php

    EMpCL back in action! 😀

  2. Karima says:

    Dear Indoem.info,

    Mau bertanya boleh ya… saya sangat tertarik untuk ikut beasiswa Erasmus Mundus. Rencananya saya akan ikut program EMLE – European Master in Law and Economics di Erasmus University Rotterdam utk tahun ajaran 2011-2011. Yang mau saya tanyakan, saya lihat dr website-nya tertulis “Course” dengan durasi 10 bulan. Apakah ini bukan seperti program LL.M biasa? Apakah nantinya setelah lulus, gelarnya bukan LL.M?

    Sebagai informasi, saya telah lulus S1 hukum dari UI dan sekarang sedang bekerja di salah satu kantor hukum di Jakarta.

    Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    Regards,
    Karima.

  3. IRWAN says:

    setelah sy cek ricek, yg buka untuk 2011 baru beberapa sj ya? terutama d bidang interest sy d business studies and management sciences… d bidang engineering yg terkait indutry jg belum buka… mau memastikan sj…

    terima kasih

    • raizamn says:

      Halo Irwan, (saya hapus komentarmu yang dobel)

      Meski skema beasiswanya sama yaitu Erasmus Mundus, masing-masing program memiliki aturan sendiri-sendiri. Ada yang periode pendaftarannya sebentar lagi tutup, ada yang belum buka.

      Intinya, seperti saya tulis di artikel di atas, cek secara berkala website resmi program yang kamu minati. Tips lain, coba cek dari sekarang dan pelajari proses pendaftaran (serta catat periode pendaftaran) tahun lalu. Informasi tersebut bisa saja tidak berlaku lagi untuk tahun ini, tapi setidaknya kamu punya gambaran sebagai bahan persiapan.

  4. Saya sudah cek program EM yang tersedia,kebetulan saya tertarik dengan program “Food Innovation and Product Design”..tapi program ini sepertinya baru ya?karena saya dapat melalui link yang diberikan zakka86 di atas.

    Pertanyaan saya bagaimana saya dapat memperoleh informasi mengenai program tsb,karena sepertinya belum ada website-nya.. Saya sudah mengirimkan email ke contact person program tersebut,tetapi beliau hanya menjawab mereka sedang membuat website program tersebut..saya hanya ingin memastikan apa program ini pasti dibuka tahun ini atau tidak..terima kasih..

    • zakka86 says:

      Seperti yang tertulis di situs pertama, “The detailed lists of all existing Erasmus Mundus Joint Programmes, Partnerships and Attractiveness projects will be updated by September 2010 to include descriptions of these new projects and links to their websites. Students and academics interested in scholarships should visit the website of the Masters course, joint Doctorate or partnership in which they are interested.”

      Bahkan diperjelas di situs daftar detil, “The following lists of projects do not yet include the selection made in July 2010. These lists will be updated to include details on the newly-selected projects by early September 2010.”

      Jadi ya jika memang itu program baru, sementara ini rajin-rajin saja buka situs daftar detil-nya, sambil siapkan hal-hal yang umumnya diminta (terutama yang membutuhkan waktu lama), seperti TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, dll. Semoga sukses! 🙂

    • raizamn says:

      Kepastian hanya bisa datang dari badan resmi, dalam hal ini konsorsium program yang kamu minati. Jika informasi dari contact person menyatakan websitenya masih dalam pembuatan, ya berarti memang begitu adanya.

      Intinya, daftar program yang baru tersebut semestinya mencantumkan yang sudah terpilih untuk mendapatkan grant dari Uni Eropa/Komisi Eropa untuk membuka program Erasmus Mundus.

      Cek terus saja (secara berkala) daftar resminya (ini untuk yang sudah ada websitenya) di:
      http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php
      Sambil cari2 program/beasiswa alternatif.

  5. Calon Penerima Erasmus Mundus 2013 says:

    Hi..
    Sy sekarang sedang study Business di Malaysia, alhmdulilah full scholarship.
    dan insyaalloh sy lulus Dec 2012
    dan bahagia sekali melihat Scholarship dari Erasmus Mundus yg rasanya trus konsisten ada.

    pertanyaan sy:
    1. Apa saja yg hrs sy persiapkan utk 2thn k depan? *Erasmus Mundus 2013

    2. Apa Program yg Fav/ramai dipilih utk yg memiliki background bisnis?

    -mudah2an sy bisa dimudahkan mendapatkan beasiswa ini..amien-
    🙂

    tq

    (Raka)
    Undergraduate Student

    • raizamn says:

      Halo Raka,
      Coba baca FAQ. Cara mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus sama saja dengan mendapatkan beasiswa pada umumnya. Intinya harus bisa menonjol (akademik maupun non akademik) di antara sekian banyak pendaftar lain.
      Program master bidang bisnis bisa dilihat di daftar Erasmus Mundus Master Courses.

  6. dirga says:

    saya salah satu mahasiswa jurusan hubungan internasiona yg sedang menyusun skripsi.
    pertanyaan saya apakah saya bisa ikut mendaftar diprogram erasmus 2011 ini ?
    trus kalau boleh tahu tempat untuk mencari informasi beasiswa yg ditawarkan caranya gmn ?
    soalnya yg aku lihat erasmus kebanyakan nawarin beasiswa u/ jurusan teknik dan ekonomo

    • raizamn says:

      Halo Dirga,

      Untuk mengetahui apakah kamu bisa mendaftar di program Erasmus Mundus 2011, silakan cek program Master di http://j.mp/mundusmaster Di situ terdaftar semua program master yang menawarkan beasiswa Erasmus Mundus. Cari yang sesuai dengan bidang/minatmu. Saya tidak bisa menyarankan yang mana, kamu yang paling tahu. Cari info di websitenya. Biasanya, ada semacam penjelasan bagi yang belum lulus untuk mencantumkan surat keterangan akan lulus/rencana lulus.

      Sebagai contoh, ada beberapa penerima beasiswa Erasmus Mundus yang mendaftar sebelum lulus, pengumuman diterima sekitar Mei-Juli, sidang sebelum berangkat ke Eropa bulan Oktober.

      Intinya, pilih program yang kamu minati, baca detil websitenya dan ikuti petunjuknya.

      Semoga berhasil!

    • Aku m salah satu mahasiswa program ini.

  7. Mario says:

    Halo,saya menemukan masalah dalam pengisian form EM. Saya sedang dalam tahap pengisian online application dari Vinifera. Pada form tersebut terdapat pertanyaan yang tidak saya mengerti, yaitu tentang secondary education. Berikut pertanyaannya:

    Secondary studies
    1. When and where did you obtain your final degree/certificate for secondary studies (before undergraduate studies) : (ini saya bisa jawab)
    2. Title of this degre/certificate : (kalau ini bagaimana jawabnya ya?)

    Mohon bantuannya. Terima kasih.

  8. Arif says:

    Dear indoem.info,
    saya sangat tertarik dengan beasiswa EM karena dapat belajar minimal di dua perguruan tinggi di UE, selain kualitas perguruan tinggi yang menurut saya standar atas. saya berkeinginan untuk mendaftar melalui program EMJD bidang kimia, tetapi setelah saya lihat2 list EJMD kok tidak ada ya yang menawarkan EMJD chemistry atau yang related, mungkin punya saran atau daftar dari tahun lalu sehingga saya bisa bersiap-siap.
    terimakasih banyak sebelumnya.

  9. Pagi yg Semangat!!!!

    Sampai brtemu di EROPA kawan

  10. Anonymous says:

    saya mau tanya..
    bagaimana kalau dalam dalam kasus saya seperti ni..saya sekarang hampir selesai S2 di malaysia..nah kepengen nyambung S2 lagi jurusan lain tapi masih berkaitan dengan jurusan saya..nah biasanya kan kalau mau ambil S2 di erasmus mundus mereka minta ijazah S1 aja,,nah secara saya hampir selesai S2 apakah kalau saya apply erasmus mundus dan masukin ijazah S1 dan S2 saya apa erasmus mundus juga ngeliat nilai saya yg S2 dimalaysia? apakah nilai S2 saya dimalaysia juga jadi pertimbangan bagi merasmus mundus ? atau erasmus mundus cuma ngeliat nilai saya yg S1 aja?

    • raizamn says:

      Hi Anonymous,

      Penilaian pendaftaran hanya diketahui oleh pihak konsorsium. Jadi saya tidak tahu apakah sudah pernah S2 berpengaruh atau tidak. Tetapi banyak kok teman2 dari negara lain yang sudah menempuh pendidikan setingkat Master atau bahkan Phd diterima di program Erasmus Mundus. Mungkin ini bisa dilihat bahwa bisa jadi ada nilai tambah yang relevan dalam mendaftar.

  11. wahyu says:

    saya ingin menanyakan, apakah masih bisa kita apply beasiswa erasmus mundus tanpa institusi atau perusahaan tempat kita bekerja?

  12. Nutrigirl says:

    saya tertarik untuk mengikuti program European MSc tentang Food Science, Technology, and Nutrition. di situ tertera linknya ke http://www.sefotechnut.org, kenapa link tersebut tidak bisa dibuka? Kalau memang tidak bisa, apakah ada link lain yang bisa membantu saya mengetahui informasi beasiswa tersebut? terima kasih.

  13. Ryandi says:

    saya sangat tertarik dengan beasiswa erasmus,. saya kuliah di teknik elektro. dan rencana wisuda bulan delapan. apa bisa langsung ikut tes beasiswa erasmus? trimakasih

  14. yopi says:

    wauw! saya sangat tertarik untuk mengikuti program beasiswa erasmus mundus. saya kuliah di jurusan bahasa inggris di semester 6. saya ingin bertanya, apakah ada beasiswa erasmus musdus yang disediakan untuk mahasiswa yang belum lulus S1? karena ada beberapa teman saya yang mendapatkan beasiswa erasmus mundus di semester 3 kemarin. namun, sampai detik ini, saya belum mendapatkan info tentang erasmus mundus bagi mahasiswa yg belum lulus S1.
    terima kasih

  15. Adam says:

    Halo,Raizamn saya lulusan Linguistik Prancis UGM dengan titel Sarjana Sastra. Kemarin saya sempat Browsing soal EM dan tertarik dengan jurusan yang ditawarkan. namun ada beberapa yg agak mengganjal seperti apakah kita bisa memperoleh beasiswa berdasarkan minat namun berbeda dengan background pendidikan S1 yg sudah kita peroleh. saya tertarik dengan bidang “European Master in Applied Ecology” (EMMC-EMAE)walaupun di Em juga ada beasiswa Erasmus Mundus Masters program in Clinical Linguistics (EMCL) yag related dengan jurusan saya terdahulu. soal biaya saya mohon pencerahannya karena kita tidak tahu biaya apa saja yang diperlukan disana.

    terima kasih mohn maaf sebelumnya..

  16. Anonymous says:

    saya mau tanya. waktu saya baca di daftar kriteria jurusannya. harus relevan sama gelar s1 dan pernah magang di instansi terkait. saya tertarik dengan international master in early childhood education and care. apakah berpengaruh besar kalau kita bukan s1 di bidang yg berbeda dengan background nya?

  17. Dear moderator,

    sebelumnya makasih infonya. bermanffat sekali buat kita2 yang memang lagi berburu beasiswas ke luar negeri. yang mau saya tanyakan:
    1. erasmus mundus terbuka untuk semua? apa mereka punya prioritas seperti untuk akademisi atau orang2 yang bekerja untuk pemerintah?
    2. link master course di atas apa sudah mencakup seluruh bidang/program yang tersedia/dibuka?
    3. saya bermaksud mendalami disaster management. tpai sepertinya sulit seklai mencari programnya. apa bisa dibantu kira2 uni mana yang membuka program tersebut? (baik di eropa atau negara2 lain.

    terima kasih! 🙂

    lukey

  18. High school student says:

    Permisi mas/mbak, aku mau nanya apakah ada program erasmus mundus buat anak SMA yang mau lanjutin ke universitas?
    terimakassih,

  19. High school student says:

    Erasmus mundus ada yang beasiswa untuk program undergraduate atau tidak?
    kalau ada nama programnya apa dan mohon link untuk info programnya.
    terimakasih

    sincerely,
    The student

  20. Anonymous says:

    pemisi, saya mau bertanya. kalau program master untuk jurusan philosophy itu bahasa pengantarnya bukan inggris ya? terus apakah dengan kursus singkat itu intensif sehingga nanti student bisa survive disana? terima kasih banyak ya..

  21. Anonymous says:

    Mau tnya nih..

    Saya baca diatas kalo setiap awardee akan diberi asuransi kesehatan. pertanyaan saya adalah apakah asuransinya mencangkup perawatan kawat gigi? Krn saya masih harus melanjutkan perawatan kemungkinan untuk 2 tahun kedepan (saya berencana apply utk periode 2013-2015)
    terima kasih

  22. Dendy Aprilian S says:

    Mau tanya nih

    kalo beasiswa untuk lulusan SMA ada ga ya?
    kalo ada cara nyarinya bagaimana?
    makasih 🙂

  23. Ryan says:

    Mau coba tanya, bagaimana jika hasil iBT TOEFL test kita ngga mencukupi dari requirements yg diminta? Apakah sudah pasti ditolak ataukah masih mempertimbangkan dari persyaratan lainnya?

    Tks.

Speak Your Mind

*