Top 5 To Do for New Erasmus Mundus Awardee

Congrats! Selamat sudah diterima di program Erasmus Mundus pilihan kamu. Berikut daftar 5 hal yang perlu segera dilakukan para Erasmus Mundus awardee baru.

1. Visa

Pelajari prosedur dan persyaratan untuk membuat visa dari situs resmi kedutaan. Pada umumnya surat resmi dari universitas diperlukan, pastikan apakah universitas sudah mengirim surat itu. Cari tahu apakah pembuatan visa memerlukan biaya atau digratiskan untuk penerima beasiswa. Lama pembuatan visa bervariasi tergantung negara mulai dari 2 hari hingga lebih dari 1 bulan. Gunakan Visa Information Forum untuk berbagi informasi dengan awardee lain/alumni.

2. Tiket Pesawat ke Eropa

Cari tahu bandara terdekat dengan universitas dan cara mencapai kampus/akomodasi dari bandara tersebut. Dapatkan perkiraan dan perbandingan harga tiket melalui situs-situs seperti: momondo.com dan kayak.com. Untuk memudahkan, pilih gunakan satu maskapai saja (dari Indonesia hingga negara tujuan). Perkirakan tanggal keberangkatan 2 hari hingga 1 minggu sebelum perkuliahan dimulai. Maskapai penerbangan dari Timur Tengah seperti Emirates dan Qatar Airways pada umumnya menawarkan harga relatif murah dengan pelayanan cukup baik. Hubungi travel agen/tour operator terdekat dan tanya harga (tanggal keberangkatan akan diminta).

3. Akomodasi

Dapatkan kepastian akomodasi. Jika kampus mengirimkan form tentang akomodasi untuk diisi dan dikirim kembali, segera lakukan. Asrama kampus biasanya sangat diminati sehingga semakin cepat memberikan konfirmasi semakin baik. Bagi yang pertama kali datang ke suatu negara, lebih baik menuruti anjuran pihak kampus untuk tinggal di asrama atau menggunakan fasilitas agen yang disarankan. Bayar biaya deposit atau biaya agen jika diminta.

4. Barang Bawaan Esensial

Buat daftar perkiraan barang bawaan. Mulai dengan kategori seperti: pakain (santai/resmi/underwear), keperluan mandi, sepatu, pakaian hangat (jaket/persiapan musim dingin), elektronik (ponsel, kabel, laptop), dokumen. Pilih hanya barang yang esensial dan mendukung untuk hidup 1-3 hari awal. Pertimbangkan ulang jika akan membawa peralatan masak atau buku. You can buy them there!

5. Berbagi Informasi dengan Erasmus Mundus Awardee Lain/Alumni

Perkenalkan diri di milis indoem. Jika belum diundang, kirimkan email ke indoem-subscribe[di}yahoogroups.com menyebutkan nama program Erasmus Mundus-mu. Cari teman berangkat ke Eropa atau untuk mendaftar visa. Cari/bagi informasi dari/dengan alumni/awardee lain. Pre-departure briefing adalah event satu hari untuk bertemu dengan berbagai pihak seperti awardee lain, alumni, Bu Destriani dari Delegasi Uni Eropa, perwakilan negara-negara Uni Eropa. Persiapkan untuk bisa menghadiri event ini di Jakarta sekitar bulan Juli-Agustus (tanggal pasti akan diumumkan.

Ada hal lain yang harus dilakukan tetapi belum disebutkan? Shout out in the comments!

Comments

  1. netta says:
    • Todo —> To Do (?) 
    • Mungkin gak harus cari alumni/teman EM ya? Tapi lebih ke cari temen di negara/kota tujuan, mungkin PPI nya atau Kedubesnya, etc.
    • Yang penting bawa barang bawaan seringkas mungkin, inget ya, Erasmus Mundus = moving places. Jadi jangan terlalu banyak printilannya, ntar cuma bikin riweuh aja…
    • raizamn says:

      Halo netta, thanks for the comment.

      • Sorry for the typo. Yang bener memang “to do”, karena keseringan bikin todolist (nah loh digabung) jadi lupa spasi.
      • Daftar PPI dan KBRI di negara2 EU bisa dilihat di situs ini juga. Daftar tsb masih bisa dilengkapi loh.
      • Untuk barang bawaan, makanya dikasih sub-judul “Esensial”.
  2. aliceinwonderme says:

    Cari tahu apakah pembuatan visa memerlukan biaya atau digratiskan untuk penerima beasiswa.

     

    ini maksudnya cari tahu dimana ya? jadi untuk apply beasiswa ini butuh “modal” sendiri dulu ya? kalau kami yang benar2 berasal dari keluarga tidak mampu baik untuk pembuatan visa maupun tiket keberangkatan bagaimana ya? mohon pencerahannya. Terima kasih