Tips Sukses Beasiswa Erasmus Mundus: Pilih Sendiri Programmu

Pick Me speech bubble

Langkah pertama agar sukses mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus di program pilihanmu adalah memilih sendiri program-program yang akan kamu daftar.

Orang lain tidak akan bisa menentukan yang cocok untuk kamu. Kamu sendiri yang dapat memilih bidang mana yang sesuai dengan latar belakang dan minatmu sendiri. Paling banter, orang lain hanya bisa menunjukkan ke daftar program yang ada.

Jadi, harap dimaklumi kalau pertanyaan-pertanyaan sejenis berikut (yang masih sangat sering ditanyakan):

  • “Halo, saya mahasiswa semester akhir jurusan X ingin mendaftar beasiswa Erasmus Mundus bidang X, ada ga?”
  • “Salam, saya lulusan universitas Y fakultas Z, ingin mencari beasiswa untuk bidang Y. Mohon bantuannya.”

dijawab “hanya” dengan:

  • “Silakan cari sendiri di webnya, yang aktif dong”

Untuk memilih sendiri program-program yang akan kamu daftar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi halaman web daftar program (lihat gambar di bawah). Daftar program Master ada di http://j.mp/mundusmaster. Daftar program Phd ada di http://j.mp/mundusphd. Catatan: saya menggunakan layanan j.mp (fungsinya sama dengan bit.ly) agar alamat webnya mudah diingat.
  • Pilih dari daftar nama program yang kira-kira menarik dan cocok untukmu.
  • Download deskripsi program (PDF) dan kunjungi website resminya (lihat gambar di bawah).
  • Baca baik-baik dan catat informasi yang ada (bookmark websitenya, simpan jadi PDF misalnya, cetak jika perlu, tulis deadline di kertas/agenda/notes, dll).
  • Pertimbangkan minat dan latar belakang pendidikan/profesional dalam memilih.
  • Bingung? silakan bertanya. Daftar di situs ini dan gunakan forum.
  • Saring/pilih hingga maksimal 3 program.
  • Daftar sesuai petunjuk masing-masing program.
Halaman daftar program Erasmus Mundus

Sederhana? Tampaknya begitu, tapi masih banyak yang melewatkan langkah2 di atas, terutama membaca secara detil. Kebanyakan langsung lompat ke langkah bertanya. Padahal, ketelitian dalam membaca petunjuk beasiswa dan inisiatif untuk mandiri dalam mencari informasi adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan mendapatkan beasiswa.

Bingung? Bertanyalah, kami, awardee dan alumni beasiswa Erasmus Mundus terbuka untuk pertanyaan. Tapi, tolong perhatikan yang ditanyakan. Ini selalu saya tekankan karena biasanya, banyak pertanyaan yang sebenarnya bisa terjawab dengan membaca detil informasi resmi yang ada. Gunakan forum untuk dapat bertukar informasi dengan awardee dan alumni atau bahkan antar sesama pencari beasiswa. Saya juga bisa dihubungi melalui halaman Contact.

Tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Meski daftar program Erasmus Mundus dapat disaring sesuai kategori yang ada, lebih baik mencari dengan tidak disaring. Ada beberapa program yang terkategorisasikan secara kurang tepat. Contoh: SpaceMaster masuk kategori Health and Welfare padahal seharusnya lebih tepat di Engineering.
  • Dari nama program mungkin kurang jelas isi dan bentuk programnya. Download deskripsi pdf-nya, baca detil websitenya, jika masih ragu baru bertanya.
  • Jika websitenya masih tampak kosong, coba cari websitenya dengan Google menggunakan nama program misal “IMEC International Master in Early Childhood Education and Care”. Beberapa website program menggunakan alamat website baru yang kosong, padahal informasinya masih terdapat di website yang lama.
  • Gunakan cadangan/jatah pendaftaran maksimal dalam setahun, pendaftar bisa mendaftar maksimal 3 program Erasmus Mundus. Cari program yang mirip-mirip.
  • New (dalam gambar di atas ditandai dengan Baru (2011)) menyatakan program yang baru dibuka untuk tahun ini. Bisa jadi websitenya belum diperbarui/masih dalam masa pembuatan. Kunjungi websitenya secara berkala untuk mendapatkan informasi pendaftaran yang valid.
  • Hingga tulisan ini ditulis, masih ada program yang belum membuka pendaftaran. Sabar, kunjungi secara berkala untuk mendapatkan informasi pendaftaran yang terbaru. Kita bisa belajar dari informasi pendaftaran yang lalu. Persiapkan yang pasti2 saja dulu: CV, motivation letter, surat rekomendasi, English test, dan proposal penelitian (jika diminta). Yang lain-lain pastikan ketika informasi terbaru sudah keluar.

Beasiswa Erasmus Mundus hanya ditawarkan untuk program-program tertentu, tidak bisa ditawar-tawar. Pendaftar sendiri lah yang bisa menentukan apakah program-program yang ada cocok dengan latar belakang atau minatnya masing-masing. Jika memang tidak ada yang cocok, jangan putus asa, masih banyak beasiswa lain.

Terinspirasi dari “nice quotes” di situs sebelah 😀

Comments

  1. Kuchiki Nara says:

    keluarga Saya bukan keluarga yang mampu untuk membiayai kulaih di luar negeri, namun ada beberapa program dari Erasmus Mundus yang menarik perhatian saya.
    hanya saja terdapat beberapa artikel yang mengatakan bahwa,
    “Akan tetapi, tidak semua mahasiswa/i yang diterima dalam Program Magister Erasmus Mundus akan menerima Beasiswa Erasmus Mundus.”

    Dan saya juga belum pernah memenangkan prestasi apapun di masa kuliah saya.
    Apakah ada langkah tertentu agar Saya dapat mendapat beasiswa tersebut?

    Mohon bantuanya. Terima Kasih

    • raizamn says:

      Sama seperti (beberapa) beasiswa yang lain, kamu bisa diterima di programnya tanpa beasiswa. Ada banyak penyebabnya, tapi intinya ya karena kamu masih belum bisa mengungguli pendaftar beasiswa lainnya.

      Meski kamu belum pernah menang lomba apa pun atau prestasi kamu biasa2 saja, kamu seharusnya tetap dapat melihat kelebihan diri. Misal pengalaman kerja yang relevan, motivasi yang disampaikan dengan meyakinkan lewat motivation letter (statement of purpose), kemampuan bahasa Inggris yang unggul, pengalaman penelitian, pengalaman di luar negeri adalah beberapa hal yang bisa kamu gali dari diri sendiri.

      Mendaftar beasiswa seperti ikutan lomba. Pintar2nya kita untuk meyakinkan juri bahwa kita yang terbaik melalui dokumen2 yg dikumpulkan. Kalau kita tidak PD ya jangan harap “juri”-nya yakin untuk milih kita.

      Tetap semangat!

      • Kuchiki Nara says:

        Wah,,
        berarti kalau tidak dapat beasiswanya, tetap harus bayar kuliah sendiri???T~T

        Hm…
        BAIKLAH!!! SMANGAT!!! Terima Kasih banyak saranya Mas Raizamn!!^^a
        Saya sedang berusaha untuk dapat beasiswa!!!^0^)v

  2. Keine Ahnung says:

    3 jatah program maksimal mendaftar, termasuk Action-2 juga ya?
    Atau untuk Action-2 ada hitungannya sendiri?

    • raizamn says:

      Menurut FAQ-nya, untuk mendaftar Action-2 tidak dibatasi. Batasan 3 program maksimal hanya untuk Action-1.

  3. liebe sterne says:

    wah, saya sangat berminat program beasiswa erasmus mundus ini. tp saya masih di semester 5 ini. apa ada tips sukses beasiswa erasmus mundus yg lain? mgkn dr pengalaman pribadi? hehee ^^
    salam

  4. merista valinda says:

    kak, mau tanya dong. saya sekarang kuliah di jurusan manajemen transportasi udara, klo untuk lanjutin di erasmus lebih spesifik nya ke jurusan apa dan unversitas mana ya? minta saran ya kak.. makasi 🙂