Biaya Hidup di Republik Ceko (Praha)

Praha adalah ibukota dan merupakan kota terbesar Republik Ceko. Kota Praha terbagi dalam 22 distrik yang dilengkapi dengan sistem transportasi yang terintegrasi.

Program Erasmus Mundus dimana Praha adalah salah satu partnernya saat ini hanya EMLCT (European Master in Language and Communication Technologies), yang dinaungi oleh Charles University in Prague (Univerzita Karlova) di Departemen Institute of Formal and Applied Linguistics (UFAL), Fakultas Matematika dan Fisika.

Mata uang yang digunakan Koruna Ceko (Czech Crowns – CZK) dan bukan Euro (EUR).

Berikut kira-kira gambaran biaya hidup di Praha sebagai mahasiswa di Univeritas tersebut (dengan fasilitas mahasiswa), dalam mata uang CZK.

Tempat Tinggal:

Ada beberapa pilihan untuk memilih tempat tinggal. Sebagai mahasiswa umumnya pilihan termurah adalah tinggal di Kolej (asrama) yang disediakan oleh universitas. Fasilitasnya tidak terlalu mewah namun juga tidak terlalu mengkhawatirkan. Pilihan lainnya adalah tinggal di apartemen, yang harganya bervariasi.
Kolej: 3100 CZK/bulan (termasuk internet, listrik, air. Kamar sharing)
Info lebih lanjut di http://www.czechcampus.com/Campus/Default.aspx?lng=cz

Transportasi:

Alat transportasi dalam kota yang tersedia adalah tram, subway (metro), bis, dan kereta api yang semuanya terintegrasi.
Kartu transport:

  • 260 CZK/30 hari, 720/90 hari (untuk pelajar 26 tahun ke bawah)
  • 550 CZK/30 hari, 1480 CZK/90 hari (untuk pelajar 26 tahun ke atas, dianggap tiket adult)

Info lebih lanjut di http://www.dpp.cz/en/fares-in-prague/

Makan:

Tersedia kantin universitas di berbagai tempat di Praha yang bisa diakses dengan kartu pelajar. Kartu pelajarnya elektronik yang bisa diisi kredit uang untuk membayar makan siang. Kantin hanya menyediakan makan siang, dengan harga yang sangat murah jika dibayar dengan menggunakan kartu pelajar 35 CZK/makan siang. Selain itu, tersedia juga sandwich dengan harga yang disubsidi pemerintah 22 CZK/sandwich yang bisa dibeli di berbagai kantin dan kolej.
Biaya makan: 2500 CZK – 4000 CZK
Menu bisa dilihat di http://kamweb.ruk.cuni.cz/webkredit/default.aspx (tersedia hanya dalam bahasa Ceko)

Sumber: Septina Dian Larasati, awardee EMLCT – European Master in Language and Communication Technologies, 2008

Comments

  1. Nyna La uru says:

    senang sekali bisa mengenal lbh dekat dgn negara lain, apalg dgn adanya situs berbahasa indonesia ini. Apakah anda skrg msh menjalani pendidikan di ceko atau sdh kembali ke indonesia ?
    Dan bolehkah anda membantu menterjemahkan 1 kata untukku, apa makna dari “VILDA” ? Sy sangat ingin tahu maknanya.
    terima kasih ya
    kebetulan 2 yang lalu seorang warga ceko liburan dan menginap di hotel keluarga saya. Moga di liburan tahun depan, dia mengunjungi kota kami lagi.

  2. Program Erasmus Mundus dimana Praha adalah salah satu partnernya saat ini hanya EMLCT (European Master in Language and Communication Technologies), yang dinaungi oleh Charles University in Prague (Univerzita Karlova) di Departemen Institute of Formal and Applied Linguistics (UFAL), Fakultas Matematika dan Fisika.

    RALAT: Kayaknya nggak cuman ini deh. Program saya, MA/Mgr Special Ed Needs juga konsorsiumnya termasuk Charles University.