Biaya Hidup di Jerman

Info from Fahmi (late 2007).

Biaya hidup di jerman mungkin ngga semahal biaya hidup di kota-kota laen di eropa, mari kita coba kalkulasikan sedikit

1. Apartement = tergantung kondisinya, normalnya untuk room ukuran 20 m2 biayanya berkisar antara 240 – 300 euro perbulan all inclusive (pemanas ruangan, internet, listrik, air dsb). Untuk jenis apartemne ini umumnya furnitur sudah disediakan. Kalo untuk apartemen kosong, dalam arti furniturnya mesti ngisi sendiri, biayanya sekitar 200 – 250 euro.

2. Asuransi = untuk mahasiswa di jerman asuransi di semua perusahaan asuransi jerman standarnya sama, yaitu sekitar 59 euro perbulan, harus diingat walaupun penerima beasiswa EM dapet asuransi dari ACE, namun asuransi ini TIDAK diakui oleh universitas di jerman. So anda mesti punya asuransi lokal

3. Biaya hidup = antara 200 – 250 euro, tergantung gaya idup, ini dengan catatan anda ngga sering jajan di cafe ato nogkrong di kafe, dan mesti rajin-rajin masak. Biaya makan perhari antara di cafe ato restoran di bandingkan masak sendiri bisa nyampe hapir 5x lipat dibanding masak sendiri.

4. Tuition fee = mulai 2007 sebagian besar negara bagian di jerman sudah menerapkan tuition fee, artinya sekolah ngga lagi gratis. PEr semester anda mesti mengeluarkan antara 500 – 1000 euro buat tuition fee.

5. Semester ticket dan administration fee : besarnya antara 250 – 275 euro persemester, tapi ini sudah termasuk tiket naik S- bahn, U-bahn, jadi ngga perlu beli tiket lagi kalo mo memanfaatkan jasa bahan (kereta)

6. Biaya lain2 = cadangin aja 50 – 100 euro buat buku, hobby ato jalan2.

Comments

  1. untuk nomor 2, TIDAK harus punya asuransi lokal.

    bila memang ada biaya pengobatan yang dikeluarkan, awalnya memang bayar sendiri dulu. tetapi kemudian jumlah yang sudah dikeluarkan bisa di-reimburse ke ACE dengan mengirimkan dokumen2 yang relevan.

  2. thufail says:

    klo jumlah dalam 1 bulan yg harus di persiapkn sekitar brp yah???