Biaya Hidup di Jerman (Hamburg)

Berikut biaya hidup di Hamburg, Jerman, periode sekitar 2009-2010. Sumber: M. Ajisatria Suleiman, Erasmus Mundus Awardee 2009, program European Master in Law and Economics (EMLE). Terima kasih, Ajisatria!

Akomodasi

Satu kamar dalam apartemen 3 kamar (sharing kamar mandi dan dapur): €250-€350, disediakan untuk apartemen mahasiswa. Kalau mencari di private market sekitar €350-€500.

Transportasi

Transportasi ditanggung kampus. Dapat pula menyewa sepeda (biaya registrasi awal €5) dan dapat dipakai sepuasnya gratis sepanjang dipakai kurang dari 30 menit. Stand pengembalian sepeda tersebar di seluruh kota, jadi apabila hamper melewati 30 menit, dikembalikan dulu sepedanya, lalu diambil lagi, jadi bisa menggunakan sepeda sepuasnya tanpa membayar.

Makan

  • Belanja mingguan: €10-20 per minggu (untuk sarapan dan 7-8 kali makan).
  • Kantin kampus: €2-3,5 per porsi.
  • 1-2 kali makan di luar: €6-€8 per porsi.

Informasi tambahan

Biaya lain-lain (jalan-jalan, komunikasi, dll): €50-€100. Catatan: lokasi Hamburg kurang strategis karena di ujung atas Jerman, jadi biaya kereta keliling Jerman menjadi sangat mahal, dan tidak banyak akses budget airlines. Situs terkait: http://www.hvv.de/

Comments

  1. vivin says:

    Hai Raizamn, sy vivin dari Jakarta.
    Rai, mau tanya kira2 di Hamburg ada gak mahasiswa (indonesia) yg mau jd guide, teman sy rencana mau ke Hamburg dan butuh guide +/- 5hr, utk bulannya kl tdk Des’10 atau awal2 th 2011.

    Thx sebelumnya

    Vivin

    • raizamn says:

      Halo Vivin,

      Maaf di sini bukan tempat cari guide 🙂 Untuk menghubungi mahasiswa Indonesia di Hamburg, silakan cari info di PPI Jerman/PPI Hamburg. Silakan gunakan mesin pencari 🙂

      Semoga liburan temanmu menyenangkan (dengan/tanpa guide)!

  2. BAHRI says:

    Hai Raizamn,

    Perkiraan biaya hidup untuk keluarga di Hamburg ?
    Saya berencana membawa istri dan 2 anak (7 dan 4 tahun) kuliah ke Jerman.

    Terima kasih.
    Bahri

    • raizamn says:

      Halo Pak Bahri, maaf saya tidak tahu tentang biaya hidup untuk keluarga di Hamburg (atau Jerman secara umum). Silakan cari2 info via website universitas/kota yang akan ditempati. Bisa jadi ada info biaya hidup (biasanya untuk pelajar single) dan layanan2 lain yang relevan untuk keluarga, misal nursing/sekolah (bisa jadi gratis), akomodasi terpisah dll. Kalo makanan kayanya tinggal dikali yak 😀

  3. Reiza Mukhlis says:

    Salam Pak Bahri,

    Saya Reiza, tahun 2006-2009 yang lalu pernah kuliah di TUHH. Waktu itu saya bawa istri. Sebagai gambaran, dulu kami perlu sekitar 900-1000euro-an per-bulan. Perinciannya: Akomodasi (2kamar) 350e, listrik+air 50e, telpon (hp-berdua) 40e, asuransi family 50e, internet 30e, tiket transport bulanan (untuk istri, krn saya udah dapet semester tiket dari uni) 30e, sisanya untuk belanja harian.

    Kalu bawa anak 2, mungkin bisa lebih mahal, terutama untuk akomodasi. Sebab di Jerman itu ada batas minimal ukuran akomodasi yang bisa ditempati. Kasarnya: 15m2 per orang.

    Kalau perlu info lebih lanjut, bisa kontak saya japri di reiizaa@###com (### nya ganti dgn yahoo 🙂 ). Nanti bisa saya perkenalkan dengan teman saya yang masih tinggal di Hamburg.

    MFG,
    Reiza

  4. nurul says:

    Hallo Raiza..

    Saya berencana untuk menyekolahkan anak pertama saya di jerman, namun saya kemungkinan juga akan ikut tinggal disana. Ada yang bisa membantu saya apa yg harus saya persiapkan, biaya yg dibutuhkan dan berapa deposit yg hrs disiapkan. Terima kasih.

    Nurul Ilmi